Selasa, 25 Agustus 2015

Khasiat Lamaza Teh Daun Gambir

Khasiat Teh Daun Gambir

Gambir (Uncaria gambier Roxb.) mempunyai kandungan senyawa polifenol yang cukup tinggi sama seperti senyawa yang terdapat di dalam daun teh (C. sinensis). Teh daun gambir berpotensi dikembangkan untuk kesehatan.

Banyak hasil penelitian menyatakan bahwa senyawa polifenol bersifat sebagai antioksidan. Pada beberapa tahun terakhir ini, penilaian tersebut berkembang ke arah fungsi makanan atau minuman dalam mengatur metabolisme tubuh secara biologis. Makanan yang dapat memenuhi fungsi tersebut disebut sebagai makanan atau minuman fungsional.

Biasanya teh terbuat dari daun Camellia sinensis L, menggunakan daun muda dan tua kemudian direndam dalam air panas dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.  Tetapi akhir-akhir ini telah banyak dikembangkan teh herbal yang terbuat dari berbagai bagian tanaman seperti daun, bunga, biji, akar, termasuk dari tanaman gambir. Semua itu mempunyai efek yang cukup baik bagi tubuh, terutama meningkatkan derajat kesehatan.

Menurut peneliti dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian (BB Pas Panen), Hernani, dalam pembuatan teh daun gambir ada dua tahapan proses. Dua tahapan diperlukan agar dihasilkan teh dengan formula pas yang diinginkan.  Tahapan tersebut adalah pengolanan bahan baku gambir dan pembuatan teh. Dalam pengolahan bahan baku dimulai dengan mengurangi senyawa asam katekhutanat yang tidak diinginkan.

Untuk mengurangi kandungan asam katekutannat, tambah Hermani, daun gambir akan dirajang, direndam dalam air dingin selama sekitar 120 menit, selanjutnya ditiriskan. Daun selanjutnya  dikeringkan dengan matahari langsung atau menggunakan oven dengan suhu 40°C. Bila telah kering, daun gambir kering dikemas dalam wadah yang kedap udara atau dalam karung plastik. Setelah dihasilkan daun gambir kering baru diproses menjadi teh.
(ref:www.sainsindonesia.co.id/index.php/rubrik/59-pertanian/1093-teh-daun-gambir-sehat)

Yaah jadi tanaman gambir bisa dibuat minuman teh herbal yg berkhasiat untuk kesehatan guys, karena kaya akan zat antioksidan bahkan jauh lebih baik dari teh biasa.
Khasiat Teh daun gambir diantaranya dapat mengobati magg (enak banget di perut kata pelanggan kita yg udah nyoba nikmatnya sehat lamaza teh daun gambir guys), melancarkan pencernaan sehingga bagus untuk yg lagi diet, dapat menetralisir kadar gula sehingga bisa menurunkan resiko terkena penyakit diabetes, juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker guys, dapat menetralisir nikotin sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para perokok. Naah, kemudiaan jika kita rutin mengkonsumsi Lamaza Teh Daun Gambir dua kali sehari yaitu pada pagi hari sebelum beraktivitas dan sore hari setelah beraktivitas, maka akan dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab penyakit, jadi kita akan jarang terkena sakit karena asupan zat antioksidan yg masuk ke tubuh telah terpenuhi dengan minum Lamaza Teh Daun Gambir secara rutin dua kali sehari.
so, mari hidup sehat dg mengkonsumsi yg sehat-sehat.

-Go Healthy With Lamaza Tea-

oleh: Nela Hari Zona

Tidak ada komentar:

Posting Komentar