Senin, 23 Mei 2016

Indonesian Gambier Country VS Korean Ginseng Country

Indonesian Gambier Country vs Korean Ginseng Country>>>>
Ginseng terbanyak di Korea dihasilkan dari satu provinsi (Chungceong Selatan), gambir terbanyak di  Indonesia juga dihasilkan dari satu provinsi (Sumatera Barat).
Negara penghasil ginseng terbesar adalah korea, Negara penghasil gambir terbesar adalah Indonesia.
Ginseng merupakan tanaman herbal yang digunakan untuk obat-obatan, gambir juga tanaman obat-obatan.
Ginseng bisa dibuatkan teh ginseng, gambir juga dapat dibuatkan teh daun gambir.
Ginseng dapat mengobati berbagai macam penyakit, gambir juga dapat mengobati berbagai macam penyakit.
Ginseng dapat diolah menjadi berbagai macam produk, gambir juga dapat diolah menjadi berbagai macam produk.
Delapan puluh persen kebutuhan ginseng dunia berasal dari Korea, delapan puluh persen kebutuhan gambir dunia juga berasal dari Indonesia.
Ginseng dibranded menjadi kekayaan Negara Korea, Gambir belum dibranded menjadi kekayaan Indonesia.
Ginseng Korea telah diolah menjadi berbagai macam produk, sementara gambir indonesia belum dan baru-baru ini diolah menjadi berbagai macam produk siap pakai.
Ginseng telah menjadi oleh-oleh wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke korea, gambir belum menjadi oleh-oleh wajib wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.
Ginseng telah mendapat perhatian penuh dari pemerintah Korea,  gambir belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah Indonesia.
Ginseng telah mensejahterakan para petani ginseng, gambir belum dapat mensejahterakan para petani gambir.

Namun demikian, bukan hal yang gak mungkin bagi Indonesia untuk mendapatkan julukan sebagai Negeri Gambir, seperti halnya Korea yang mendapat julukan sebagai Negeri Ginseng.
Indonesia merupakan Negara penghasil gambir nomor satu dan terbesar di dunia, hampir 80% kebutuhan gambir dunia berasal dari Indonesia, dengan sentra utama di Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat.
Begitu juga dengan Korea yang merupakan Negara penghasil ginseng terbesar di dunia, hampir 80% kebutuhan ginseng dunia berasal dari Korea Selatan, dengan sentra utama di Kota Geumsan Provinsi Chungcheong Selatan.

Gambir merupakan tanaman spesifik lokasi dan unggulan Provinsi Sumatera Barat. Gambir juga merupakan komoditas ekspor yang memiliki sumbangan besar terhadap PDRB daerah, yang tentunya dapat meningkatkan devisa Negara. Selama ini gambir diolah menjadi produk setengah jadi dalam bentuk getah kering, untuk kemudian diekspor dan hanya sebagian kecil saja untuk pemakaian dalam negeri.
Padahal sebenarnya, gambir dapat diolah menjadi berbagai macam produk siap pakai yang bernilai ekonomi  jauh lebih tinggi daripada hanya diolah menjadi produk setengah jadi. Apalagi gambir tergolong tanaman obat-obatan tradisional yang telah dipercaya oleh masyarakat dapat mengobati berbagai macam penyakit, karena kaya akan zat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab penyakit. Diantara khasiatnya adalah dapat megobati magg, menurunkan kadar gula darah, melancarkan pencernaan mengurangi resiko kanker, dan segudang manfaat lainnya.
Gambir dapat diolah menjadi teh daun gambir, cake gambir, sirup gambir, keripik gambir, permen gambir, masker wajah, krim anti acne, shampoo gambir, sabun gambir, produk obat-obatan daaaan masiih banyak lagi produk siap pakai yang bisa dihasilkan dari gambir. Zat katechin dan tanin yang terkandung didalam gambir juga telah banyak dipakai untuk industri farmasi dan kosmetika.
Sementara di Korea, ginseng telah diolah menjadi berbagai macam produk siap pakai seperti teh ginseng, kopi ginseng, sup ayam ginseng, obat-obatan ginseng, daaan masih banyak produk ginseng lainnya yang wajib dikonsumsi oleh masyarakat Korea. Mereka membiasakan diri sendiri terlebih dahulu untuk mengkonsumsi produk-produk ginsengnya. Hingga virus ginseng itu mewabah ke dunia luar, sehingga jadilah Korea dengan julukan Negeri Ginseng. Julukan itu tentu tidak hanya sebatas julukan saja, tetapi dapat memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat Korea, karena nilai jual dari ginseng dan produk-produk ginsengnya. Seperti dapat memberdayakn para petani ginseng serta menaikkan pendapatan perkapita penduduknya, yang tentunya membuat masyarakat Korea menjadi semakin sejahtera.
Namun, Indonesia belum secara konsisten mengolah gambirnya menjadi produk siap pakai, seperti halnya Korea yang telah mengolah ginsengnya menjadi aneka macam produk bernilai ekonomi tinggi. Nah, peluang itulah yang saya tangkap untuk mengolah gambir menjadi aneka macam produk siap pakai yang bernilai ekonomi tinggi. Untuk itu, saya bertekat menjadikan Indonesia dengan julukan Negeri Gambir. Sehingga dapat memberdayakan para petani gambir pada khususnya, dan mensejahterakan kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya.
Saya telah mencoba mengolah gambir menjadi teh daun gambir. Kemudian saya akan mengupayakan mengolah gambir menjadi produk siap pakai dalam bentuk Gambier Stick dan kue/gambier cake sebagai oleh-oleh khas dari Indonesia. Kita sebagai warga Negara Indonesia tentunya yang terlebih dahulu dibiasakan untuk mengkonsumsi produk gambir. Kemudian, setiap wisatawan yang berkunjung ke Indonesia kita edukasi untuk membeli produk-produk gambir seperti teh daun gambir, Gambier stick, dan Gambier Cake sebagai oleh-oleh khas Indonesia, untuk dibawa ke negaranya. Dengan demikian Indonesia akan semakin dikenal dengan gambirnya. Tidak mudah memang untuk mencapainya, namun keinginan yang kuat, kerja keras yang diiringi semangat pantang menyerah, niat yang ikhlas, serta upaya tiada henti yang kita lakukan setahap-demi setahap, akan mampu menghantarkan Indonesia menjadi Negeri Gambir yang berjaya dimata dunia.
#Lamaza

Oleh: Nela Hari Zona

Tidak ada komentar:

Posting Komentar